Berikut Ini Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Menyukai Olah Raga

1.    Memberikan tontonan pertandingan olahraga kepadanya
Memberikan tontonan olahraga kepada anak seperti pertandingan sepak bola, pertandingan bola voli, pertandingan bulu tangkis, pertandingan bola basket, dan sebagainya dapat menumbuhkan minat olah raga pada anak.  Karena dalam menonton pertandingan olahraga maka anak akan termotivasi untuk menjadi seperti atlet yang ia tonton dan menjadi kebanggan banyak orang.

2.    Memberikanya Majalah dan buku-buku yang berisi tentang olahraga
Dengan memberikannya majalah dan buku-buku tentang olahraga maka anak akan tumbuh minatnya dalam bidang olahraga karena di dalam majalah dan buku-buku tersebut seorang anak akan melihat bagaimana atlet-atlet yang terkenal itu bisa meraih prestasinya dan bagaimana cara untuk menjadi atlet yang menjadi kebanggaan banyak orang tersebut.

3.    Membanggakan Atlet favorit kita dan berusaha agar dia juga memiliki atlet favorit
Apabila kita ingin menubuhkan minat seorang anak dalam bidang olah raga, maka kita harus membanggakan atlet favorit kita di hadapannya dan bertanya siapa atlet favoritnya. Apabila Ia tidak memiliki atlet favorit, maka kita harus berusaha agar anak tersebut memiliki atlet favorit agar ia termotivasi untuk menjadi seprti atlet favoritnya tersebut.

4.    Mencari bakat alaminya dalam olahraga apa saja
Dari keseluruhan rangkaian cara di atas maka kita akan dapat mengetahui minat dan bakat anak tersebut dalam olahraga apa saja dengan melihat olah raga apa yang paling ia sukai. Apabila Ia menyukai tontonan sepak bola, berarti anak tersebut memiliki minat dalam olah raga sepakbola dan dari sini kita kita dapat melihat Ia memiliki bakat alami dalam sepak bola atau tidak dengan mengajaknya bermain bola dengan teman-temannya.



  Media yang Digunakan

a.    Televisi
Melalui media televisi biasa kita dapat menyaksikan berbagai pertandingan olahraga dan kita dapat menggunakannya sebagai media untuk menumbuhka minat dan bakat olahraga pada anak.

b.    Surat kabar
Melalui surat kabar kita dapat melihat perkembangan prestasi olahraga yang diraih oleh para atlet.

c.     Radio
Melalui media radio ini kita dapat menyaksikan berbagai perlombaan dan olimpiade olahraga meskipun hanya berupa suara.

d.    Majalah
Majalah merupakan media cetak yang di cetak dan diterbitkan secara berkala dalam jangka waktu tertentu yang berisi tentang berbagai informasi termasuk juga olahraga yang yang menarik dan dapat digunakan untuk membangkitkan minat olahraga terhadap seorang anak.

e.     Koran
Koran merupakan media cetak yang sangat sering kita lihat, bahkan mungkin setiap hari yang memuat berbagai jenis informasi.

f.      Peralatan Olah Raga

Peralatan olahraga ini merupakan media yang kita gunakan untuk berolahraga secara langsung seperti: bola kaki, bola voli, net, raket, dan sebagainya.

Comments