SEGUDANG MANFAAT TANAMAN TIMUN



Buah mentimun/timun demikianlah nama tanaman sayuran buah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Buah ini sangat digemari oleh masyarakat luas baik itu untuk digunakan sebagai bahan makanan, bahan obat-obatan, maupun sebagai bahan kosmetika. Banyak sekali orang yang sangat menggemari buah yang satu ini karena rasa dari buah ini memang sangat lezat sehingga dapat diolah menjadi berbagai masakan maupun dimakan mentah begitu saja sebagai lalapan.
            Buah yang satu ini juga banyak digunakan oleh orang-orang terutama kaum wanita untuk digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan wajah dan kulit mereka karena tanaman timun ini dipercaya dapat membuat kulit menjadi sehat, lembut, dan bersih.
            Tahukah anda bahwa tanaman timun ini sebenarnya bukanlah tumbuhan asli indonesia, melainkan berasal dari daerah beriklim sedang(subtropis), yaitu di daerah India bagian utara tepatnya di lereng gunung Himalaya. Namun karena banyak digemari oleh banyak orang, maka tanaman ini sudah banyak tersebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia sehingga saat ini kita dapat dengan mudah menemukan tanaman ini untuk dikonsumsi.
            Karena begitu banyaknya manfaat yang dapat diambil dari buah ini, maka pada postingan kali ini saya akan membagikan kepada pembaca semua tentang apa saja manfaat dari buah mentimun ini sehingga digemari oleh banyak orang. Manfaat tanaman mentimun antara lain sebagai berikut;
1.      Sebagai Bahan Makanan
Tanaman mentimun dapat digunakan sebagai makanan pelengkap atau yang biasa disebut sebagai lalapan, sebagai pelengkap pecel lele, sebagai acar, sambal goreng timun, asinan, gado-gado dan lain sebagainya
Selain buahnya, bagian lain pada tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai masakan seperti daunnya yang masih muda juga dapat diolah menjadi sayur oseng-oseng, sayur bobor, opor dan lain sebagainya.
Sebagai bahan pangan, buah timun ini banyak mengandung zat gizi yang sangat lengkap dan berguna bagi tubuh seperti; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, niasin, karoten, asetilkolin, serat, dan saponin. Dengan demikian buah timun sangat baik digunakan untuk mejaga kesehatan tubuh seperti mata, kulit, gigi, dan tulang serta mencegah berbagai macam penyakit seperti beri-beri, sariawan dan lain sebagainya.
2.      Sebagai Bahan Kosmetika
Selain dapat digunakan sebagai bahan makanan, tanaman timun juga dapat digunakan sebagai bahan untuk keperluan kosmetika, yaitu untuk perawatan wajah dan kulit. Manfaat buah mentimun sebagai bahan kosmetika yaitu; menghaluskan kulit, melemaskan kulit, meringkaskan pori-pori kulit, membersihkan lemak dan kotoran pada kulit, mencegah timbulnya jerawat dan juga menghilangkan jerawat. Dalam bidang kosmetika ini buah timun dapat digunakan sebagai masker, facetonic, astringent, dan cucumber milk cleaner.
3.      Sebagai Bahan Obat-Obatan
Buah timun juga dapat digunakan sebagai untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti;
-          Memperlancar buang air kecil
-          Mengobati tekanan darah tinggi
-          Mengobati sariawan
-          Meringankan penyakit ginjal
-          Meringankan penyakit panas
-          Pembersih pencernaan
-          Memperancar pencernaan
-          Mengobati keracunan pada ibu hamil

Itu lah beberapa manfaat tanaman timun sehingga digemari oleh  banyak orang untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Comments