ATURAN PENULISAN MAKALAH



Menulis makalah merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa, bahkan bisa dikatakan menjadi makanan sehari-hari karena hampir setiap tugas harus dipresentasikan di depan kelas dan tentunya kita juga harus sudah membuat makalah untuk diserahkan terlebih dahulu kepada dosen pembimbing untuk diperiksa.
Nah.. dalam hal ini kita pasti sudah tau bahwa untuk menjadi mahasiswa dan agar mendapatkan nilai yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan kita harus rajin mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen dan juga tau cara membuat makalah dengan baik dan benar dengan menerapkan aturan-aturan penulisan yang baik dalam menulis makalah.
Untuk para Mahasiswa yang sudah senior pasti dia sudah tau dan mungkin sudah hapal di luar kepala dengan aturan dan cara penulisan makalah, tinggal pusing memikirkan tugasnya saja. Namun bagaimana untuk para mahasiswa yang masih baru (MABA) alias Mahasiswa Baru? Namun saat ini bukan Cuma mahasiswa yang sering mengerjakan tugas dalam bentuk makalah, tetapi juga para siswa SMA juga sudah ada yang mendapat tugas untuk mengrjakan tugas dalam bentuk makalah, (berdasarkan pengalaman karena waktu masih SMA dulu pernah memdapat tugas untuk membuat makalah oleh guru Bimbingan dan Konseling).
Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara penulisan makalah yang sering saya dan teman-teman saya gunakan untuk membuat tugas yang diberikan oleh dosen


Sampul
Kata pengantar
Daftar isi

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Manfaat Penulisan

BAB II
PEMBAHASAN
A. Materi yang dibahas
B. Materi yang dibahas
C. Materi yang dibahas

BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
B. SARAN

DAFTAR PUSTAKA

Jika anda masih bingung dan agar lebih jelas maka saya akan memberikan sedikit penjelasan untuk lebihnya jelsnya lagi.
1.      Sampul makalah berisi judul makalah, nama mata kuliah, nama dosen pembimbing, nama pembuat makalah (individu maupun kelompok), lambang perguruan tinggi atau lambang sekolah, nama sekolah tinggi, dan program studi/jurusan yang kita ambil.
2.      Kata Pengantar berisi kata pengantar dari pembuat makalah
3.      Daftar Isi berisi tentang bab dan subbab yang dibahas dalam makalah beserta keterangan di halaman berapa materi tersebut berada.
4.      Pendahuluan berisi A. Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan, dan Manfaat Penulisan dari makalah yang anda buat.
5.      Pembahasan yaitu bagian di mana anda harus membahas dan menguraikan materi yang disajikan dalam masalah secara detail dan  rinci.
6.      Kesimpulan yaitu kesimpulan dari makalah yang anda buat dan saran merupan bagian dan tempat untuk memberikan saran

Demikianlah artikel dalam postingan kali ini, semoga bermanfaat..

Comments